Select Language

Minggu, 23 Juni 2013

Tips Sehat Menjelang Puasa


Alhamdulillah sebentar lagi umat muslim seluruh dunia akan memasuki bulan yang sangat dinanti-nanti selama setahun yaitu bulan suci Ramadhan. Dengan datangnya bulan puasa maka akan datang pula kebiasaan baru untuk kita, seperti pola makan dan pola tidur yang otomatis berubah mengikuti ritme kerja tubuh kita yang sedang berpuasa. Bagi yang kesehatannya bagus tentu moment menahan haus dan lapar ini bukan menjadi soal karena puasa sendiri bagus untuk kesehatan kita. Namun bagi yang punya gangguan kesehatan seperti asam lambung yang tinggi atau diabet pasti akan sedikit terganggu dengan perubahan pola makan di bulan yang penuh berkah tersebut. Nah, untuk menyambut Ramadhan ada beberapa tips sehat yang patut dicoba!

1. Membuat Jadual

    Buatlah jadual makan dengan menyesuaikan waktu  buka dan sahur. Untuk penderita diabetus mellitus, maka jadual makan harus tetap sama seperti ketika tidak puasa. Pola makan tetap sama yaitu 3x makan utama dan diselingi 2x snack untuk mempertahankan gula darah selama berpuasa. Begitu juga bagi anda yang bermasalah dengan asam lambung, jadualkan jam makan sesuai dengan kebutuhan individu sehingga pada siang harinya anda tidak terlalu terganggu dengan keluhan asam lambung.

2. Menyusun Menu Makan Sehat

    Ini wajib kita lakukan agar selama menjalani ibadah puasa kita tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Hindari makan-makanan yang memang disarankan dokter untuk tidak terlalu banyak dikonsumsi. Misalnya sawi yang mudah sekali menimbulkan gas pada perut sehingga membuat perut kurang nyaman di siang harinya. Selain itu perbanyak sayuran, buah dan air putih untuk menghindari sembelit selama kita berpuasa. Tentunya bagi penderita kencing manis, tidak semua jenis buah bisa dikonsumsi secara berlebihan, bukan?

3. Multivitamin

    Bukan suatu kewajiban untuk mengkonsumsi multivitamin saat puasa, namun bagi yang memiliki aktifitas tinggi tidak ada salahnya bila mengkonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Multivitamin alami seperti madu asli juga bagus apabila diminum saat buka puasa atau makan sahur.

4. Olahraga

    Siapa bilang puasa tidak boleh berolahraga? Jalan santai atau bersepeda dapat membantu menjaga tubuh kita tetap fit selama puasa. Asalkan tidak jogging di siang bolong sehingga membuat kita haus dan dehidrasi, ya?

5. Meningkatkan Ibadah

    Bukan karena embel-embel Ramadhan terus kita menjadi rajin beribadah, shalata di masjid dan sebagainya. Tentu dengan kita diijinkan bertemu lagi dengan bulan suci ini maka refleksi positif bagi kita untuk bersyukur dengan meningkatkan keimanan kita. Dengan pikiran yang tenang tidak kemrungsung ya insha Allah kita tidak hanya susah-susah menahan haus dan lapar seharian, tapi juga kita mendapatkan sejuta manfaat dari semua itu. Bukankan Allah menciptakan sesuatu tanpa kesia-siaan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar